5 Cara Mengatasi Masalah Kecantikan Saat Hamil

Selasa, 23 Januari 2018 - 23:11 WIB
5 Cara Mengatasi Masalah Kecantikan Saat Hamil
5 Cara Mengatasi Masalah Kecantikan Saat Hamil
A A A
JAKARTA - Selama hamil, wanita akan mengalami banyak perubahan, mulai hormon yang berdampak pada mental hingga perubahan fisik, seperti munculnya stretch marks, kulit kusam dan kasar, jerawat hingga rambut rontok.

Akibatnya, banyak wanita merasa tidak percaya diri. Meski demikian, ini merupakan hal yang normal dan wajar terjadi pada ibu hamil. Selain hal tersebut, ada beberapa masalah kecantikan lain yang harus diketahui selama hamil. Berikut ulasannya seperti dilansir Sociolla.

1. Kulit kasar dan kusam
Perubahan hormon yang tak menentu saat hamil kerap membuat para calon ibu mengalami kulit yang kering. Penelitian menunjukkan perubahan hormon mempengaruhi kandungan minyak alami dan kadar air pada kulit sehingga kasar dan kusam.

Untuk mengatasinya, perbanyak minum air setiap hari. Saat hamil wanita membutuhkan asupan cairan dua kali lipat dari biasanya. Gunakan juga pelembab atau face mist yang bisa mencegah kekeringan pada kulit. Pastikan juga produk yang digunakan mengandung bahan alami untuk wanita hamil.

2. Kulit lebih gelap dibeberapa bagian
Selama hamil, beberapa bagian tubuh akan mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dan menghitam. Biasanya hal ini terjadi di wajah, ketiak, perut dan lipatan tubuh. Tentunya kondisi ini sangat mengganggu penampilan apalagi hal ini tidak dapat dicegah.

Namun, Anda tetap harus merawatnya dengan rutin menggunakan lotion atau krim khusus agar kulit tetap sehat dan lembap. Meski tidak dapat dicegah namun masalah ini akan hilang dengan sendirinya pasca melahirkan.

3. Jerawat
Meningkatnya produksi hormon progesteron saat hamil memicu produksi sebum sehingga kulit wajah akan lebih berminyak dan berjerawat. Singkirkan jerawat dengan rutin membersihkan wajah setiap hari sebelum tidur. Gunakan produk pembersih yang aman untuk ibu hamil.

4. Bercak hitam di kulit wajah dan leher
Munculnya bercak hitam di wajah dan leher juga kerap dikeluhkan para wanita hamil. Meski hal ini sulit dicegah, Anda tetap bisa meminimalisirnya dengan rajin menggunakan tabir surya yang memiliki formula aman bagi wanita hamil.

5. Rambut rontok

Perubahan hormon tiroid saat hamil dapat menjadi penyebab rontoknya rambut. Kekurangan zat besi dan mineral saat hamil juga bisa memperparah rambut Anda. Sebaiknya cukupi asupan nutrisi selama kehamilan dengan mengonsumsi pola makan yang seimbang dan rutin minum suplemen khusus kehamilan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6473 seconds (0.1#10.140)